Ensiklopedia Pelestari Dhamma di Indonesia

Ini daftar nama & sekilas kisah perjuangan mereka dalam melestarikan Buddha Dhamma di tanah air tercinta, Indonesia. Berita tentang mereka, kami ambil dari berbagai situs. Untuk membaca kisah mereka, silakan klik nama mereka. Anda juga bisa mengusulkan nama untuk dimuat di sini. Silakan kirim usulan ke: hfj1105@yahoo.com


  1. Daftar di bawah ini berisi nama-nama rekan se-Dhamma kita yang dalam kesehariannya banyak bergelut dengan Buddha Dhamma (ikut melestarikan Buddha Dhamma), bahkan khusus Bhikkhu bisa dikatakan 100% keberadaan mereka diabdikan untuk kemajuan Buddha Dhamma di tanah air.
  2. Bidang yang mereka tekuni bermacam-macam. Antara lain: penerbitan buku Dhamma (penulis, penerjemah, editor, setting,...), pembicara Dhamma di berbagai acara, penulis lagu,... dan lain-lain.
  3. Kami hanya menuliskan nama mereka plus profesi atau kontribusi mereka yang berhubungan dengan Buddha Dhamma.
  4. Kami berusaha netral, dengan tidak menuliskan pendapat (opini) kami tentang mereka. Apa dan bagaimana kontribusi mereka terhadap perkembangan Buddha Dhamma, silakan klik nama mereka (tulisan berwarna-warni). Tiap kata pada nama mereka merupakan links ke situs yang menampilkan kisah/ berita tentang mereka. Misalkan tertulis: Bhikkhu A, maka kata “Bhikkhu” merupakan links, begitu juga “A” merupakan links ke situs lain (baik situs umum maupun situs Buddhis).
  5. Semua nama Bhikkhu semestinya dimuat di sini. Juga guru dan dosen agama Buddha, Romo, Pandita, dll. Namun karena tidak semua kegiatan mereka terliput media, “terpaksa” hanya nama yang ada links beritanya saja yang termuat di sini. Untuk itu kami mohon maaf.
  6. Kami yakin masih sangat banyak orang yang kontribusinya “lebih besar” bagi Buddha Dhamma tapi belum tercantum di sini. Semua ini hanya karena keterbatasan info dan pengetahuan kami.
  7. Anda dipersilakan mengusulkan nama yang akan dicantumkan di sini, data yang masuk akan kami pertimbangkan. Keputusan kami tidak dapat diganggu gugat.
  8. Gelar sarjana kami hilangkan (kecuali sebutan Bhikkhu/ Bhikkhuni, Romo, Pandita,... yang berhubungan dengan Buddha Dhamma).
  9. Nama disusun secara alfabetis.


Mettacittena,

Hendry Filcozwei Jan
(www.vihara.blogspot.com) satu alamat yang "WAJIB" dikunjungi untuk mendapatkan aneka info tentang Buddhis





Umumnya nama terdiri dari 2 kata, kata pertama kami jadikan links ke berita dan kata ke-2 merupakan links ke foto beliau agar Anda bisa mengetahui sosok beliau. Bila 3 kata, kata terakhir adalah links ke foto dan 2 kata di depan adalah links ke berita (kami pastikan, maksimal nama tokoh hanya 3 kata). Bila kami tak menemukan foto, keduanya links ke berita. Prioritas kami mengambil links: situs umum, situs Buddhis, dan terakhir situs yang dikelola yang bersangkutan.


  1. Bhikkhu Ashin Jinarakkhita (pelopor bangkitnya agama Buddha di Indonesia)
  2. Bhikkhu Jinadhammo (Pembina Spiritual Bodhi Buddhist Centre Indonesia)
  3. Bhikkhu Pannavaro (Bhikkhu senior yang kharismatik)
  4. Bhikkhu Uttamo (Bhikkhu & webmaster situs Samaggi Phala)
  5. Gatot Subroto (Pahlawan Nasional Indonesia)
  6. Parwati Soepangat (dosen agama Buddha sejak 1963-sekarang)


Nama-nama tokoh pelestari Dhamma lain sedang dalam proses pencarian dan editing. Harap bersabar.

0 comments: