B.08 Bhikkhuṇī Sakulā


Bhikkhuṇī Sakulā
Unggul dalam Mata Surgawi


Aku adalah perumah-tangga perempuan yang kaya raya dan gemar melakukan kebajikan. Aku tinggal bersama suami dan kedua anakku di Sāvatthī.

Tatkala Bhagavā menerima undangan derma dari Anāthapiṇḍika, aku mendengar Dhamma yang Ia jelaskan. Aku merasa sangat bahagia dan memutuskan menjadi bhikkhuṇī, meninggalkan semua hartaku.

Pada masa Buddha Padumuttara, aku lahir sebagai Nandā, adik tiri Buddha Padumuttara. Aku pernah mengucapkan tekad untuk menjadi yang unggul dalam mata sakti di hadapan Buddha Padumuttara.

Pada masa Buddha Kassapa, aku menjadi seorang petapa hutan. Aku pernah mendermakan minyak yang aku peroleh dari seorang dermawan untuk pelita di stupa relik Buddha Kassapa.

Setelah meninggal dan mengalami kelahiran ulang yang tak terhitung jumlahnya, aku lahir menjadi Sakulā. Setelah tekun berlatih Dhamma, aku berhasil menembusi kesucian Arahatta serta memiliki kemampuan melihat alam-alam lain.

Salam Dharma.

 

Sumber: Ehipassiko Foundation

Category:

0 komentar: