Sim Salabim: Sulap, Pembina SMB, Majalah SMB, dan Dhamma




Hari Minggu ke wihara jadi menyenangkan untuk anak-anak, seperti boleh beli cemilan di kantin wihara atau bisa jalan-jalan ke tempat yang mereka suka sepulang dari wihara. Jangan bangunkan anak dengan marah-marah atau memarahi mereka karena Anda terburu-buru dan tidak mau terlambat. Berterima kasihlah kepada mereka karena telah mau menggunakan hari istirahatnya dengan ke wihara.

Itu beberapa usaha yang dapat dilakukan orangtua agar anak-anaknya termotivasi ikut SMB. Apa yang bisa penulis bantu agar anak-anak suka ikut SMB?

Selama ini, penulis sudah mengamati media penyampai Dhamma untuk anak SMB (di Taman Putra Vidyasagarar, Bandung, tempat anak-anak penulis ikut SMB) sudah variatif. Pesan Dhamma disampaikan story telling, lewat lagu, aneka permainan, membuat kerajinan tangan, dan nonton film bersama.

Anak yang mengikuti SMB mendapat poin. Poin juga akan ditambah jika bisa menjawab pertanyaan atau yang bersedia menjadi pemimpin pujabakti. Poin yang dikumpulkan, nantinya dapat ditukar aneka hadiah, mulai striker, alat tulis, sampai boneka.

Nah... kebetulan penulis suka dengan sulap. Penulis ingin sulap (magic) dijadikan sebagai salah satu media penyampaian Dhamma untuk anak SMB di seluruh Indonesia. Frekuensi penyampaian Dhamma lewat sulap tidak terlalu sering (tergantung kesepakatan). Mengapa tidak terlalu sering? Pertama kami harus menyiapkan trik sulap apa yang sesuai dengan materi Dhamma yang akan disampaikan. Kedua, supaya greget sulap (sulap yang menakjubkan) terus terjaga. Anak-anak juga jadi antusias, kalau terlalu sering, sulap jadi biasa saja.

Kami memiliki group WA "Pembina SMB". Jika Anda adalah Kakak Pembina SMB, ayo bergabung ke group dengan cara kirim pesan via WA ke Litar Suryadi: 0812 9037 3339

Kita bertukar pikiran tentang materi untuk SMB dan berbagi pengalaman selama mengajar di SMB. Kami juga memiliki aplikasi "Majalah SMB" yang bisa dijadikan media untuk memuat berita kegiatan SMB di tempat Anda dan juga media yang memuat karya anak-anak SMB tempat Anda mengajar. Kirimkan berita dan foto ke Admin, Admin akan menampilkannya di aplikasi "Majalah SMB"

Ayo download dan pasang aplikasi Majalah SMB di smartphone-mu. Klik saja: "Majalah SMB"

Foto profil group "Buddhist Magician"

Magic for Dhamma (Magic 4 Dhamma)

Kami juga punya group "Buddhist Magician" sebagai wadah pesulap (dari yang sekedar hobi sulap, Kakak Pembina SMB, sampai pesulap profesional, boleh gabung ke sini). 

Di group "Buddhist Magician" ini kita diskusi, materi sulap apa yang bagus dan cocok digunakan untuk penyampaian materi Dhamma bagi anak-anak SMB.

Bagaimana dengan Kakak Pembina yang tertarik sulap tapi tidak bisa bermain sulap? Oh... tidak usah khawatir, kami akan ajarkan aneka trik sulap sederhana yang mudah dipelajari dan langsung dipraktikkan. Trik bisa berupa tulisan plus foto atau video, atau bahkan diajarkan melalui video call jika memungkinkan. Kami akan pilihkan trik sulap yang mudah tapi keren. 

Bagaimana kalau tertarik gabung di group WA "Buddhis Magician"? Gabung saja dulu di group WA "Pembina SMB", nanti Admin akan mengundang Anda yang berminat untuk bergabung ke group "Buddhist Magician".

Kami tunggu partisipasi Anda...

Catatan:
Tolong bantu infokan hal ini ke rekan-rekan se-Dhamma yang suka sulap dan Pembina SMB. Anumodana...

0 komentar: