Vihara di Bangladesh Bagikan Makanan Berbuka untuk Umat Muslim Selama Ramadhan





Sebuah vihara di Bangladesh menyediakan makanan buka puasa untuk umat Muslim yang tidak mampu selama bulan Ramadhan. Aksi ini merupakan sebuah situasi yang cukup langka terjadi di negeri Asia Selatan itu.

Vihara Dharmarajika di ibu kota Dhaka, menjadi buah bibir setelah membagikan makanan untuk umat Muslim, terutama mereka yang tidak mampu, di waktu berbuka puasa.

“Buddha mengajarkan kepada kami bahwa kemanusiaan adalah agama yang paling utama. Kami memberikan makanan untuk umat Muslim yang miskin yang tak mampu membeli makanan layak di saat berbuka puasa,” kata Bhikkhu Suddhananda, kepala Vihara Dharmarajika.

Pada Senin (6/7/2015) malam, lebih dari 300 warga Muslim menunggu di depan gerbang vihara yang terletak di kawasan Basabo, Dhaka. Di tempat itulah pembagian makanan untuk berbuka puasa dilakukan.

“Saya bisa menyantap makanan lezat yang disajikan dengan penuh rasa cinta dan kasih,” kaya Amena Khatun (70), yang mengaku berjalan beberapa kilometer ke vihara tersebut.

Di saat para bhikkhu membagikan makanan untuk umat Muslim yang akan berbuka, puluhan petugas kepolisian berjaga untuk memastikan proses pembagian makanan itu berjalan tertib.

Banyak umat Muslim yang mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Vihara Dharmarajika lewat media sosial. Beberapa bahkan mengunggah foto para bhikkhu berjubah kuning yang sedang membagikan makanan.

“Saya sungguh menghargai inisiatif ini dan mengucapkan terima kasih kepada mereka,” kata Nur Hossain, seorang bankir.

Vihara ini dibangun pada 1949 dan kini menjadi rumah bagi lebih dari 700 anak yatim piatu yang menimba ilmu di sekolah gratis yang didirikan para bhikkhu di vihara tersebut.

Sebanyak 90 persen dari 160 juta warga Bangladesh memeluk agama Islam. Sementara penganut agama Buddha yang jumlahnya sangat sedikit biasanya terpusat di wilayah tenggara negeri itu yang berbatasan dengan Myanmar. (kompas)

Sumber: BuddhaZine

0 comments: