Suka Menulis Cerpen? Ayo Gabung ke KCB

Anda seorang Buddhis dan suka menulis? Jika iya, ayo gabung ke group WA: KCB (Komunitas Cerpen Buddhis).

Group WA KCB adalah tempat berkumpulnya relawan penulis cerpen Buddhis (juga relawan ilustrator, editor, penyeleksi awal, dan proof reader). Semula KCB punya program menerbitkan buku kumpulan cerpen Buddhis, 1 tahun 1 buku. KCB sempat menerbitkan 2 buku kumpulan cerpen Buddhis: "Misteri Penunggu Pohon Tua" (Insight Vidyasena, Yogyakarta, Waisak 2559 BE - 2015) dan "Pindah ke Lain Hati???" (Penerbit Pemuda Vihara Vimala Dharma, Bandung, November 2017).

KCB mengalami kendala dalam penggalangan dana untuk menerbitkan buku yang dibagikan secara GRATIS ini. KCB sempat vakum sejenak. Group WA-nya masih ada dan hanya untuk berbagi info-info Buddhis.

Adanya situs BuddhaZine yang menerima kiriman cerpen merupakan angin segar bagi anggota KCB.  Jadi sekarang penulis cerpen Buddhis dapat berekspresi di BuddhaZine. Silakan gabung ke KCB dan kirim cerpen Anda ke BuddhaZine (cerpen Buddhis ya...)

Kalau sebelumnya, semua naskah cerpen dikirim ke penyeleksi awal, lalu proof reader KCB, lalu diserahkan ke editor untuk diperiksa tata bahasanya, juga sekaligus dikirim ke ilustrator untuk dibuatkan ilustrasinya. Setelah semuanya siap, kami mencari penerbit yang bersedia menerbitkannya. Penggalangan dana dilakukan penerbit, kami juga ikut membantu. Dengan adanya situs BuddhaZine, akhirnya terpikir untuk bersinergi.

Penulis cerpen mengirim karyanya ke BuddhaZine. Setelah terkumpul cukup banyak, kita buatkan ebook. Ebook dipilih karena KCB tidak perlu sibuk menggalang dana (juga hemat kertas dan aman untuk bumi tercinta).Asyiknya lagi, kalau cetak buku secara fisik, umumnya halaman isi hitam putih (hanya cover yang berwarna, soalnya mahal biaya cetaknya). Kalau ebook? Cover maupun isi, bisa full color

Konsekuensi logis dari perubahan penerbitan buku secara fisik menjadi ebook adalah: tidak perlu relawan penyeleksi awal, proof reader, editor, dan nyaris tak perlu ilustrator (karena saat dimuat di BuddhaZine, redaksi BuddhaZine sudah melengkapi cerpen dengan ilustrasi). Ilustrator dibutuhkan untuk membuat gambar cover ebook. Satu lagi, KCB sekarang butuh relawan yang bisa membuat ebook. Anda termasuk relawan pembuat ebook yang kami butuhkan? Jika iya, ayo bergabung bersama kami.

Ingin tau syarat penulisan cerpen? Coba klik ini: Syarat Penulisan Cerpen Buddhis

Ingin baca beberapa contoh cerpen Buddhis, silakan klik: Cerpen Buddhis HFJ

Anda yang ingin gabung ke KCB, silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini (sertakan alamat email Anda). Admin KCB akan segera menghubungi Anda.

0 komentar: