Daftar Situs Buddhis di Dunia

Situs Buddhis Berbahasa Indonesia
Ini Daftar Situs Buddhis bagian 1, bagian ke-2, silakan klik: Situs di Dunia Buddhis bagian 2 

www.buddhis.cjb.net

Situs Kalyanadhammo, Yellowpages Buddhis Indonesia yang dikelola oleh Bodhi Buddhist Centre Indonesia (BBCI) ini menyediakan aneka buku Dhamma online, ratusan artikel Buddhis, nama dan alamat sekolah-sekolah Buddhis di Indonesia, daftar situs berbahasa Indonesia untuk pelajar dan mahasiswa Buddhis, daftar situs Buddhis internasional, cerita kesaksian, teks Paritta, dll. Dari situs ini Anda akan menemukan banyak situs Buddhis seperti situs pelajar/ mahasiswa, majalah, vihara, dll.

www.buddhistonline.com
Situs Indonesian Buddhist Club, macam-macam berita tentang kegiatan organisasi Buddhis di Indonesia, tanya jawab Dhamma, dan artikel lainnya. 

www.dhammacakka.org
Situs Vihara Dhammacakka, Sunter - Jakarta, berisi berita dan jadwal kegiatan vihara, serta artikel dan pengumuman lainnya. Majalah Dhammacakka, Mahasati dan Berita Dhammacakka dapat diakses di situs ini. Melalui situs ini Anda juga dapat mengunjungi situs-situs Buddhis Indonesia, maupun manca negara, dan situs kemahasiswaan/ kepemudaan dengan cara klik link (kanan atas).

www.dhammacakratra.org
Situs ini dibuat oleh umat Buddha Indonesia yang tinggal di Amerika (berbasis di LA, California). Dhamma Cakra Tra berarti Pondasi Pemutaran Roda Dhamma. Dalam perkembangannya, ternyata situs ini tidak hanya dikunjungi umat Buddha Indonesia di Amerika tapi juga diakses oleh umat Buddha di berbagai belahan dunia. Ada forum diskusi, berita perkembangan agama Buddha di Amerika dan di Indonesia, foto-foto, disertai links ke sekitar 50 situs Buddhis di Amerika, Indonesia, dan dunia. 

www.dhamma.org
Situs tentang kursus gratis meditasi Vipassana. Bisa juga dikunjungi lewat www.dhamma.blogspot.com (namun via situs blogspot ini, hanya berbahasa Inggris dan infonya minim). Bila Anda masuk via situs utamanya, yakni dhamma.org, Anda bisa melihat situs ini dalam 20 bahasa antara lain: bahasa Inggris, Mandarin, Belanda, Perancis, Jerman, Arab, Italia, Korea, Spanyol, Portugis, Rusia,... dan tentu saja Bahasa Indonesia.

www.dhammapada.org
Situs ini berisi Karaniya Metta Sutta. Tidak jelas mengapa hanya halaman utama yang bisa dibuka, tidak ada bagian yang bisa di-klik untuk melihat isi yang lain. 

www.dharmajala.org
Berisi forum, gallery, link, journal, dan Anda bisa berpartisipasi mengirim artikel/ berita Buddhis.

www.ehipassiko.net
Situs Ehipassiko Foundation, yayasan nirlaba non-sektarian yang berisi katalog buku Ehipassiko, katalog nasional buku Buddhis, buletin Illuminata, informasi tentang FPBI (Forum Publikasi Buddhis Indonesia), portal One Stop Surfing, ajakan Dhammadana, serta ajaran universal Buddha.

www.ekayana.8k.com
Situs majalah Ekayana, Majalah Buddhis Nasional, berisi katalog, artikel, visi, tim, dan lain-lain.

www.geocities.com/Athens/Aegean/3666
Situs Buddhist Feature (BUFe). Situs ini berisi: about BUFe, Komuniti, Feature (yang terdiri dari: Sejarah, alamat vihara-vihara Theravada & Buddhayana, kelenteng, organisasi, dan komposisi penduduk), dan lain-lain. 

www.geocities.com/Athens/olympus/2532
Situs Vihara Buddha Warman, Padang. Situs ini berisi: artikel Dhamma, artikel lepas, opini, sekilas SBW (Suara Buddha Warman), alamat vihara-vihara di Indonesia, links Buddhis, dan lain-lain.

www.geocities.com/bbcid1/bukuiwonderwhy.htm
Naskah buku "I Wonder Why" diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh PMVBI Jawa Timur dengan judul "Mengapa Begini, Mengapa Begitu", bagi yang ingin mengenal agama Buddha secara cukup lengkap dengan aspek-aspek dasarnya.

www.geocities.com/bbcid1/index.htm
Situs ini merupakan bagian dari www.kalyanadhammo.net berisi belasan cerita kesaksian Buddhis dari dalam dan luar negeri, baik dari umat awam maupun Bhikkhu.

www.geocities.com/upasakha
Situs Theravada yang satu group dengan milis Taman Budicipta ini berisi artikel Dhamma, Buddha's Relics, dan teman Dhamma.

www.jhanamanggala.or.id
Situs "Jhana Manggala" adalah situs sebuah Meditasi Graha yang didirikan sejak 01 Maret 2000. "Jhana Manggala" merupakan organisasi nirlaba yang menyediakan tempat pelatihan meditasi intensif, yang menyediakan sarana dan fasilitas untuk meditasi secara universal berlandaskan "Buddha Dharma," tanpa membedakan aliran, sekte dan kelompok mana pun, di mana para Sangha, Guru Meditasi Buddhis, dan Dharma Duta dipersilakan memanfaatkan untuk: meditasi dan pelatihan meditasi, diskusi dan penghayatan Buddha-Dharma, kegiatan ritual dan spiritual untuk melatih dan mengembangkan kualitas diri, Buddhist Spiritual Energy Therapy. (Sumber: www.jhanamanggala.or.id/profile.asp) 

www.kadamchoeling.or.id
Kadam Choeling, Bandung, adalah pusat penyebaran ajaran Buddha Shakyamuni dari tradisi kadam. Kadam Choeling lahir pada tanggal 5 Februari 2001 yang diprakarsai oleh Gyenla Lobsang Osel (saat itu Sramanera Bhadraruci). Situs ini berisi silsilah, Rinpoche, Gyenla, Lamrin, buku tamu, dan lain-lain.

www.kalyanadhammo.net
Sama dengan situs www.buddhis.cjb.net (keterangan lengkap, lihat situs www.buddhis.cjb.net). 

www.kamadhisugm.coolfreepages.com
Situs KMB UGM (Universitas Gadjah Mada), Yogyakarta ini berisi informasi organisasi, pengurus, kegiatan, anggota dan buletin. Anda juga bisa kirim kartu ucapan, kirim pesan, mengisi buku tamu, dan link ke situs lain.

www.karaniya.com
Situs ini milik Yayasan Penerbit Buddhis yang pada Rabu, 05 Januari 2005 lalu mendapat penghargaan dari Muri (Museum Rekor Indonesia) sebagai penerbit Buddhis paling produktif di Indonesia. Situs ini berisi sejarah Karaniya, daftar buku-buku terbaru Buddhis terbitan Karaniya, daftar buku-buku Buddhis bestseller, berbagi informasi lewat PMB (Pengalaman Membaca Buku), dan lain-lain. Anda juga bisa memesan buku dari situs ini dengan keuntungan: bebas ongkos kirim dan discount 10%.

www.kmbui.net
Situs Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Indonesia/ KMB UI, Jakarta, antara lain berisi blog, forum, berita, dan situs ini memberi kesempatan kepada anggota untuk mem-posting artikel ataupun berita sendiri secara langsung ke dalam situs ini.

www.members.tripod.com/cahayakebahagiaan
Situs Cahaya Kebahagiaan ini berisi artikel-artikel Dhamma antara lain: Kebijaksanaan, Perdukunan, Jalan Kebahagiaan, Kebajikan, Kebaktian dan Manfaatnya, dan lain-lain. 

www.members.tripod.com/~Dr_Arya
Situs Buddha Dhamma Indonesia in Net (BudiNet). Situs Theravada ini antara lain berisi: selayang pandang ajaran Sang Buddha, lembaga Theravada di Indonesia, tanya jawab agama Buddha, akses/ link ke jaringan Theravada, dan lain-lain. 

www.oocities.org/sutra_online/index_main.htm
Situs Buddhist Compilation Online/ Sutra Online. Situs ini berisi: Buddhist Sutra, Mantra/ Dharani, Dharma, bacaan Buddhis, kisah/ ceritera, Buddhist Links, dan lain-lain. Sebelumnya web ini beralamat di www.geocities.com/sutra_online tapi dipindah ke sini karena per 26 Oktober 2009 web geocities ditutup.

www.patria.or.id
Situs Pemuda Theravada Indonesia (Patria). Begitu masuk situs ini, Anda langsung disambut dengan "Mars Patria"(?). Situs ini berisi daftar nama dan alamat vihara Theravada di berbagai kota di Indonesia, berita kegiatan Patria (Warta Patria), kolom Mudita untuk mengirim ucapan, kartu ucapan gratis, dan lain-lain. 

www.samaggi-phala.or.id
Situs yang dikelola oleh Bhikkhu Uttamo, Vihara Samaggi Jaya, Blitar antara lain berisi: naskah Dhamma, riwayat para Buddha, ceramah Bhikkhu Uttamo, tanya jawab Dhamma, buku-buku kumpulan tulisan Bhikkhu Utammo, multimedia (irama Paritta, lagu-lagu Buddhis, dan vokal lagu Buddhis), cerita kesaksian, nama-nama Buddhis yang bisa jadi pedoman bagi orang tua yang ingin memberi nama anak dengan nama Buddhis, dll. Bila gagal masuk, coba pakai alamat ini www.samaggi-phala.org

www.vidyasena.or.id
Situs ini berisi galeri, konsultasi, forum, Vihara Vidyaloka Yogyakarta, links, dan lain-lain. 

www.vihara.blogspot.com
Situs milik Hendry Filcozwei Jan, Pusat Info Buddhis. Alamat vihara dan sekolah Buddhis di Indonesia, alamat panti Buddhis, alamat situs dan milis sedunia, nama Buddhis, info pernikahan Buddhis, lagu Buddhis, ringtones Buddhis, selebritis Buddhis, rekor Buddhis, blog Buddhis, dan lain-lain (pokoknya kalau cari semua info tentang Buddhis, pastikan awali dari sini).



Situs Buddhis Berbahasa Inggris
www.abhayagiri.org
Situs Biara Buddhis Abhayagiri (Redwood Valley, California) ini berisi berita, sejarah Abhayagiri, uraian Dhamma (dari Ajahn Chah, Ajahn Sumedo, Ajahn Amaro) baik dalam bentuk teks maupun audio, mesin pencari, dan lain-lain.
 
www.accesstoinsight.org
Situs ini berisi bacaan Sutta Pitaka tradisi Theravada dalam bahasa Inggris, meski belum lengkap (ada bagian-bagian belum tersedia). Juga tersedia beberapa links yang bisa membantu pengunjung (di antaranya: situs bahasa Pali). 

www.amaravati.org
Situs Biara Buddhis Amaravati, berisi sejarah, agenda, uraian Dhamma (baik dalam bentuk teks maupun audio seperti file mp3), dan lain-lain.

www.betterbuddha.com
Situs yang bermotto membangun Buddha yang lebih baik ini menyajikan menu antara lain: Zen Buddhism, Meditation, psikologi, dan lain-lain. 

www.beyondthenet.net/mainframe.htm
Situs yang dikelola perusahaan swasta BP de Silva Holdings Pte Ltd (Singapore) ini berisi bagian-bagian yang mengulas: Buddha, Dhamma, Sangha, meditasi,... dilengkapi mesin pencari, buku tamu, links ke belasan situs Buddhis. Situs ini tampil dengan warna-warni lembut sehingga enak dipandang.

www.brahmavihara.com
Situs ini menyediakan links ke artikel-artikel Dhamma, komik Buddhis, panduan meditasi, tentang vegetarian dan Buddhist audio online ke situs lainnya. 

www.bswa.org/modules/news
Situs "The Buddhist Society of Western Australia" (BSWA) menyajikan menu berupa berita, artikel Dhamma (dari Ven. Ajahn Brahmali, Ven. Ajahn Brahmavamso, Ven. Ajahn Chah Bodhinyana,...), halaman populer, forum, galeri foto, perpustakaan, dan lain-lain.

www.budaedu.org
Situs "The Corporate Body of The Buddha Educational Foundation" yang berpusat di Taipei, Taiwan ini disajikan dalam 2 bahasa, Inggris dan Mandarin. Situs ini bertujuan jadi penunjang agar Buddha Dhamma dapat diakses secara bebas oleh masyarakat luas. Menunya antara lain: materi Dhamma, Buddha, dan links. 

www.buddha.com
Portal ini berisi links ke situs serba Buddha: Buddha Statue, Buddha Picture, Laughing Buddha, Buddha Image, Buddha Teaching, Happy Buddha, Buddha Figurine, Buddha Art, Buddhism, dan Zen Buddhism. Anda bisa membeli patung-patung Buddha (klik Buddha Statue), sampai kaos bergambar Buddha (klik Buddha Picture).

www.buddhacommunity.org
Situs asosiasi Upasaka & Upasika Amaravati, berisi Community newsletter, AUA Bulletins, mesin pencari, artikel Dhamma, Sutta (Kalama Sutta, Mahamangala Sutta, dll.), links, dan lain-lain. 

www.buddhadhamma.com
Portal ini menyajikan 9 kelompok besar situs-situs yang berhubungan dengan Buddha, antara lain: Buddha, Tibetan Buddhism, Enlightment, Buddhism, Meditation, dan Buddha Art.

www.buddhamind.info
Halaman depan situs ini berwarna mencolok: orange mendekati merah. Begitu masuk situs ini, Anda diberi 4 pilihan: Buddhaminders, right brain, left brain, atau shrine room. Menu situs ini antara lain: newsletter, sekolah Minggu, direktori, forum, studi Sutta, dan greeting cards keren. Anda tidak hanya memilih gambar yang tersedia, tapi Anda juga bisa Anda merancang kartu Anda dengan menambahkan warna, grafik, ataupun lagu yang Anda suka! 

www.buddhamuseum.com
Situs penjualan patung-patung Buddha antik (kuno) dan asli yang terbuat dari perunggu, kayu, batu, dan lain-lain.

www.buddhanet.net
Direktori Buddhis, ada links ke ratusan situs Buddhis berbagai kategori (klik alamat berikut untuk melihat situs-situs tersebut www.buddhanet.net/weblinks.htm), ada artikel, perpustakaan Dhamma, komik Buddhis untuk anak-anak, musik dan multimedia lainnya. 

www.buddhasvillage.com
Situs Buddhisme Tibet. Situs ini berisi meditasi, forum, links, artikel Dhamma (dari YM Dalai Lama, Lama Zopa Rinpoche, Thubten Dondrub, Lama Thubten Yeshe), forum, dan lain-lain.

www.buddhism.about.com
Direktori Buddhis, menyediakan kursus online agama Buddha via e-mail, newsletter, banyak artikel dan informasi Buddhis segala tradisi. 

www.buddhism.org.ru
Situs Buddhisme di Rusia ini antara lain berisi: forum Buddhis, berita seputar Buddhis, dan links. Selain berbahasa Inggris, juga tersedia versi bahasa Rusia.

www.buddhismtoday.com
Situs yang online sejak 06 Mei 2000 ini tersedia dalam 2 bahasa: Inggris dan Vietnam. Menunya antara lain: screeen servers, galeri foto, artikel Dhamma (tersedia dalam 20 lebih kategori seperti: Buddhism for Beginners, The Buddha and His Teachings, Buddhist Education, Buddhist Culture, Buddhist Ethico-Psychology, Buddhism & Science, Buddhist Economics, dan masih banyak lagi), mesin pencari, milis, dan links. 

www.buddhistaidsproject.org
Buddhist AIDS project.

www.dhammacakka.com
Situs yang dirancang oleh Mikhail Tchithkov ini berisi: artikel Dhamma, children's corner, meditasi, pusat meditasi, dll. Pada children's corner, Anda bisa menuliskan pendapat Anda tentang sahabat. Saat kami berkunjung, ternyata sebagian besar pendapat yang disampaikan berasal dari Indonesia. 

www.dhamma.net
Situs Buddhis ini tersedia dalam 2 bahasa, Inggris dan Thailand. Namun versi Inggrisnya tidak bisa diakses. Hanya "Meditator,s Handbook" (berbahasa Inggris) yang bisa dibuka. Pada bagian ini, ada penjelasan lengkap tentang meditasi (antara lain: 10 tips sukses bermeditasi, mengapa bermeditasi, setting tujuanmu, meditasi dalam kehidupan sehari-hari, dan lain-lain).

www.dhammastudy.com
Situs Dhammastudy online sejak 09 April 1999. Situs Theravada tradisi Thailand ini tersedia dalam 2 bahasa yakni Inggris dan Thailand. Menu yang tersedia antara lain: artikel dan buku-buku Dhamma (dari beginner, intermediate, sampai advanced), pengumuman dan berita, dari pembaca, group diskusi di internet, dan links. 

www.dharma.net
Situs Komunikasi Dharma adalah bagian dari Zen Mountain Monastery (ZMM), yang berpusat di hutan di pegunungan indah Catskill, di New York yang bertujuan menyediakan pendidikan praktik spiritual bagi yang tertarik pada Zen Buddhism. Menu situs ini antara lain: Dharma, meditasi, cybermonk, cybermonastery, dan Zen arts.

www.dharmanet.org
Situs Buddhis pertama dan terbesar, begitu yang tertulis di halaman utamanya. Situs ini online sejak tahun 1991 dan berpusat di California, Amerika Serikat. Menunya antara lain: The DharmaNet Store (bekerja sama dengan Amazon.com menyediakan buku-buku Dharma, CD musik, DVD), DharmaBase (yang menyediakan data Buddhist Centers dan group meditasi), perpustakaan Dharma online, buletin, buku tamu, dan links. 

www.dharma.org
Ini merupakan situs IMS (Insight Meditation Society), organisasi nonprofit yang mengkhususkan diri dalam menyelenggarakan pelatihan meditasi. IMS berdiri sejak tahun 1975, berpusat di Massachusetts, Amerika Serikat. Tampilan situs ini dominan warna biru dan putih. Begitu masuk, tersedia 3 menu: Insight Meditation Society/ IMS (kiri), Barre Center for Buddhist Studies (kanan), dan IMS Teachers (bawah). Menu lainnya adalah: Insight journal, form registrasi, belasan foto para pengajar IMS, dan links.

www.diamondway-buddhism.org
Situs Buddhisme tradisi Tibet di Jerman. Menu situs ini antara lain: Buddhisme, newsletter, daftar kata istilah Buddhis, gambar, Dharma Names (ada lebih dari 500 nama Buddhis bahasa Tibet plus arti dan keterangan untuk laki-laki atau perempuan). 

www.edepot.com/buddha.html
Portal Buddhis ini menyajikan menu: Vihara Buddhis Virtual, Forum Diskusi Buddhisme, majalah Buddhis, humor Buddhis (kartun dan jokes), Buddhist Glossary (daftar kata istilah Buddhis), Galeri Seni Buddhisme, dll.

www.forestsangha.org
Situs ini berisi menu: berita, biografi Ajahn Chah, ajaran Ajahn Chah, dan links ke situs Buddhis (Thailand, Eropa, dan lainnya). 

www.gbm-online.com
Gold Buddha Monastery, banyak artikel Buddha tradisi Mahayana dan Sutra dalam bahasa Sanskerta. Menu situs ini antara lain: Dharma, events, galeri foto, audios/ videos, dan links.

www.geocities.com/bodhihouse
Bodhi House adalah komunitas spiritual Buddhis non sektarian yang berlokasi dekat Gettysburg, Pennsylvania. Menu situs ini antara lain: galeri foto, Ajaran Dasar Buddha, grup meditasi Gettysburg, dan links. 

www.kmspks.org
Situs Biara Kong Meng San Phor Kark See (KMSPKS), Singapore. Menu situs ini antara lain: berita, kursus, komunitas, download (ebook, audio, wallpaper) dan sejarah KMSPKS. Penyebaran Dhamma KMSPKS juga dituangkan dalam aktivitas yang memasyarakat seperti program daur ulang dan pencetakan buku. Be a Lamp upon Yourself, Settling Back into the Moment, What Kamma is, adalah beberapa judul buku bermutu yang diterbitkan KMSPKS dan dibagikan secara gratis. Isi situs ini tersedia dalam bahasa Inggris dan Mandarin.

www.ksridhammananda.com
Situs Buddhis Maha Vihara, Kuala Lumpur, Malaysia. Pada halaman utama terdapat foto Ven. K. Sri Dhammananda yang telah mengabdi sebagai Dhammaduta di Malaysia dan Singapura selama 50 tahun (1952-2002). Situs ini menyajikan menu tentang Buddhist Maha Vihara, naskah buku Dhamma dan ceramah YM K. Sri Dhammananda, dan links. 

www.lankaweb.com/dhamma
The Virtual Community of Srilanka Living Around the World (Lanka Web). Situs Buddhis Theravada menyajikan 3 menu utama di halaman depan yang bergambar bendera Buddhis, yakni: berita, diari, dan Vihara-vihara di Inggris. Saat masuk ke bagian berita, Anda akan menemukan links ke 20 lebih situs Buddhis (antara lain: Organisasi Buddhis di Sri Lanka, Dhamma Online, artikel Buddhisme, Pusat Kebudayaan Buddhis di Sri Lanka, dan perpustakaan virtual Buddhisme).

www.mahidol.ac.th/budsir
Buddhist Scriptures Information Retrieval (BUDSIR), Buddhis di Thailand. Situs ini antara lain berisi Tipitaka Pali, Glossary, artikel Dhamma, sejarah BUDSIR, dan links ke Mahidol University. Atau bisa masuk juga dengan alamat www.budsir.org/budsir-main.html 

www.medicinebuddha.org
Menu situs ini antara lain: The Medicine Buddha (penjelasan tentang pengobatan Buddha dengan Buddha puja, mantra, meditasi,�), jadual kegiatan, gambar akomodasi yang tersedia bagi tamu di Land of Medicine Buddha (LMB), fasilitas yang disewakan untuk umum, gift shop yang menyediakan buku Dharma, DVD, barang seni, musik, proyek 100.000 stupa untuk perdamaian dunia, newsletter, dan links.

www.nibbana.com
Situs Buddhis Theravada ini disajikan dalam bahasa Inggris dan Burma/ Myanmar. Menunya antara lain: Tipitaka Pali, Jurnal Dhamma, Tanya Jawab, Grup Diskusi Buddhisme, Dhammapada, Jataka, foto-foto, kursus Buddhisme untuk pemula, universitas-universitas Buddhis, milis Nibbana, Pali Glossary (daftar kata istilah Buddhis dari bahasa Pali), links dan masih banyak lagi. 

www.ratanagiri.org.uk
Situs Biara Buddhis Aruna Ratanagiri ini berpusat di Northumberland, Inggris. Menu situs ini antara lain: pengumuman, anggota komunitas, foto-foto, peristiwa, newsletter, dan links.

www.san.beck.org/EC9-Buddha.html
Menu situs ini berisi antara lain: Buddha & Buddhisme (tentang Riwayat Siddhattha Gotama, Buddha, Dhamma, Sangha), dan Dhammapada. 

www.santacittarama.altervista.org/welcome.htm
Situs Biara Buddhis Santacittarama tradisi Theravada (biara ini berdiri tahun 1990 di Bukit Sabina, sekitar 50 kilometer dari Roma, Italia). Menu situs ini antara lain: artikel Dhamma, program, foto, berita, komunitas, dan meditasi. Isi situs ini tersedia dalam 3 bahasa: Inggris, Italia, dan Slovenska.

www.thebuddhistsociety.org.uk
Situs Buddhis ini berpusat di London, Inggris. Menu utama yang disajikan: events (berisi jadual kegiatan), audio yang berisi ceramah Dhamma, resources yang berisi artikel Dhamma, forum diskusi, perpustakaan, dan informasi tentang The Buddhist Society. 

www.thedailyenlightenment.com
Portal Buddhis terbesar di Singapura dan milis Dhamma terbesar di dunia yang didirikan Shen Shian, penulis buku Cerah Setiap Hari, begitu yang tertulis di situs www.ehipassiko.net

www.theravada.net
Situs ini meyediakan koneksi ke situs lain yang berisikan ajaran Buddha: Learn Buddhism, Buddhism Meditation, dan Three Wheel - Buddhism. Selain itu juga tersedia mesin pencari. 

www.tipitaka.org
Situs ini merupakan bagian dari VRI (Vipassana Research Institute), yang berpusat Dhamma Giri, Igatpuri, India. Tersedia Tipitaka dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Pali. Khusus pengunjung situs yang berbahasa Thailand, tersedia kamus bahasa Pali Thailand yang bisa di-download.

www.vipassana.com
Situs Vipassana Fellowship (Meditasi Buddhis tradisi Theravada) ini berisi menu: meditasi, Buddhisme, Pali Canon, training, newsletter, audio, buku-buku, dan links. Merupakan situs yang menyajikan kursus meditasi secara online sejak tahun 1997. Situs ini bisa juga dikunjungi lewat situs www.vipassana.org 

www.vri.dhamma.org
Situs Vipassana Research Institute (VRI). Situs ini berisi menu: teknik meditasi Vipassana oleh S.N. Goenka, Vipassana newsletter, buletin, berita Dhamma, Glossary (yang berisi beberapa arti kata bahasa Pali yang digunakan dalam situs ini), tanya jawab, dan lain-lain.

www.watpahnanachat.org
Situs Biara Wat Pah Nanachat (WPN), The International Forest Monastery. Biara ini didirikan oleh Ajahn Chah. Situs ini disajikan dalam bahasa Inggris dan Thailand. Menunya antara lain: foto, slide, buku-buku dan video. 

www.wihara.com
Tampilan situs ini didominasi warna putih dan hijau muda, dengan gambar bunga teratai di bagian atas. Situs ini menyajikan menu berupa Buku Dhamma, Sutra, forum dan link ke situs lain.

www.123greetings.com/religion/buddhism_and_jainism
Buddhism Greeting Cards, situs ini menyajikan ecard berbagai gambar bertema Buddhis untuk berbagai ucapan. Gratis!



Situs Buddhis Berbahasa Asing (Non Inggris)

www.buddhayana.org
Situs Buddhayana (bahasa Vietnam).

www.buddhismus-bb.de
Buddhistisches Zentrum in Berlin Brandenburg (BUBB) (bahasa Jerman).

www.buddhistische-akademie-bb.de
Buddhistiches Akedemie (bahasa Jerman).

www.buddhistisches-haus.de
Das Buddhistische Haus (bahasa Jerman). 
www.dharmanet.net
(bahasa Korea).

www.palikanon.com
Tipitaka zum Lernen (bahasa Jerman). 

www.watnongpahpong.org
(bahasa Thailand).



Category:

3 komentar:

sukarto80 mengatakan...

www.infobuddhist.noadsfree.com

sudah gak berfungsi masuk saja ke alamat

http://www.oocities.org/sutra_online/index_main.htm

sukarto80 mengatakan...

www.infobuddhist.noadsfree.com

sudah gak berfungsi masuk saja ke alamat

http://www.oocities.org/sutra_online/index_main.htm

Hendry Filcozwei Jan mengatakan...

Sukarto80, anumodana atas infonya. Sekarang sudah diperbaiki.



Mettacittena,

Hendry F.Jan
www.vihara.blogspot.com