Andakah Relawan Buddhis yang Kami Cari???



Rekan² Se-Dhamma


Kami berencana menerbitkan buku kumpulan Cerpen Buddhis dan akan dibagikan GRATIS (membabarkan Dhamma via cerpen Buddhis). Rencananya tidak hanya menerbitkan 1 buku tapi terus berlanjut. 


Kalau memungkinkan, setahun 1 buku, kalau tidak akan disesuaikan dengan kondisi (naskah cerpen, kemampuan tim pendukung, dana, dan lain-lain).


Maka kami mencari rekan se-Dhamma (Buddhis) yang mau jadi relawan untuk posisi sebagai berikut:

  • Cerpenis (yang suka menulis cerpen Buddhis)
  • Editor (yang terbiasa mengedit tulisan sebelum diterbitkan)
  • Pembaca cerpen/ proof reader (yang suka baca cerpen, mengerti Dhamma, dan bisa menilai mana kira² cerpen yang layak diterbitkan)
  • Layout (yang jago komputer, terbiasa layout tulisan untuk dicetak jadi buku/majalah)
  • Design cover (yang terbiasa mendesain cover untuk buku/majalah)
  • Koordinator penggalang dana (sudah terbiasa menggalang dana)
  • Yang punya kenalan percetakan (Buddhis or nonBuddhis tidak masalah). Bagusnya sih yang bisa beri discount/ harga khusus. Percetakan yang bisa dihubungi via BBM or email (tidak harus ketemu langsung, anggota Relawan Cerpen Buddhis berada di kota yang berbeda dan mungkin tak bertemu satu sama lain, kontak via BBM saja).

Semua relawan tidak mendapat bayaran apa pun atas sumbangsihnya, murni berdana Dhamma.


Relawan hanya mendapat buku kumpulan cerpen yang nanti terbit dan nama Anda dicantumkan di buku.


Jarak tidak jadi masalah (bisa jadi semua relawan tidak pernah saling tatap muka). Berkontribusi dari tempat masing², di sela² waktu yang ada.


Dana yang terkumpul akan digunakan untuk ongkos cetak dan ongkos kirim buku kepada donatur dan beberapa pihak yang kita rasa perlu jadi prioritas (Bhante, perpustakaan vihara, atau yang lain). Untuk yang minta dikirim buku kumpulan cerpen, nanti akan kita diskusikan. Apakah akan dikirim tanpa harus kirim ongkos kirim atau yang meminta harus kasih ongkos kirim? Sangat tergantung dana yang masuk dan mana cara yang lebih baik untuk kelangsungan penerbitan buku kumpulan cerpen Buddhis ini.


Jika Anda merasa sesuai kriteria yang kami cari dan Anda tulus ingin berkontribusi, silakan add pin BlackBerry: 25F0854E  (baca: 25F nol 854E).


Diskusi lebih lanjut akan dilakukan via BBM dan ada group BBM: Cerpen Buddhis. Kita memanfaatkan kemampuan kita untuk pembabaran Buddha Dhamma, bekerja dari tempat kita masing², di sela-sela waktu luang yang masih tersisa.



NB:

Yang sudah bergabung 19 orang:

  • 1 penulis merangkap editor (Hendry Filcozwei Jan di Bandung)
  • 9 penulis cerpen alias cerpenis (Willy Yanto Wijaya di Jepang, Sultan Hendrick di Medan, Hansen Seng di Jakarta, Lani di Bandung, Selfy Parkit di Tangerang, Aldo Sinatra di Bandung, Erwin Yolanda, Tanjungpandan - Belitung, Grant Glory Kesuma di Palembang, Sumitro di Lampung) 
  • 2 proof reader merangkap editor (Juniarti Salim dan Hendra Widjaja di Palembang)
  • 1 layout/ desain cover (Intan Vandheri di Bandung) 
  • 4 ilustrator (Verren Augustine di Palembang, Suvanna Visakha Wu di Bandung, Ivan Nadi di Palembang, Fredy Siloy di Bandung)
  • 2 bagian umum (Utarini Jenling di Medan, Johan Wijaya di Jakarta)


Ayo siapa lagi...???

Koordinator dana dan proof reader sudah cukup. Jadi posisi yang masih dicari: cerpenis (perlu banyak), layout, dan desain cover. Percetakan sudah dapat (baik untuk cetak jumlah besar maupun kecil) tapi jika ingin mereferensikan percetakan atau ada percetakan milik umat Buddha yang mau kasih harga lebih murah atau berdana, silakan saja.   



Anumodana..._/|\_


Komunitas Cerpen Buddhis (KCB)
(Babarkan Dhamma via Cerpen)


Anda tertarik ikut menyumbangkan cerpen Anda? Silakan baca (klik saja): Syarat Penulisan Cerpen Buddhis

0 comments: