"Hujan Air Mata" di Perayaan Parent's Day



Minggu, 13 Desember 2015  TP Vidyasagara (Bandung) mengadakan perayaan Parent's Day. Dari sekian lama penulis menemani anak kami mengikuti Sekolah Minggu Buddhis, acara ini yang sangat berkesan.

Seperti biasa, acara sekolah Minggu diawali dengan  pujabakti. Setelah pujabakti barulah perayaan Parent's Day dimulai. Acara pertama dimulai dengan sesi foto anak bersama orangtua. Kakak Pembina TP Vidyasagara telah menyiapkan replika mobil sebagai photo booth.

Acara selanjutnya renungan tentang jasa besar orangtua diiringi lagu Bunda-nya Melly Goeslow. Juga ada pemutaran video ucapan terima kasih anak dan permintaan maaf anak kepada orangtua mereka. Momen yang berkesan adalah saat anak bersujud di depan orangtua (ada papa mama yang hadir, ada yang hanya mama, yang orangtua-nya tidak hadir ber-namaskara ke Buddha rupang). Dan yang paling berkesan adalah saat anak membasuh kaki orangtua di dalam baskom, kemudian mengeringkannya dengan handuk (salut buat Kakak Pembina TP Vidyasara yang sudah menyiapkan acara demikian baiknya). 

Anak-anak juga mengucapkan terima kasih atas jasa orangtua, meminta maaf atas kesalahan selama ini, lalu memeluk orangtua. "Kita memanggul papa dan mama di bahu kiri dan kanan kita selama seratus tahun pun belum mampu membalas jasa kebaikan orangtua kita..." Buat anak-anak, bisa kalian bayangkan bagaimana besarnya jasa orangtua.

Setiap anak mendapat setangkai bunga mawar untuk diberikan kepada orangtua. Kemudian anak memberikan kartu ucapan Parent's Day yang sudah dibuat Minggu sebelumnya.

Jika dalam kegiatan sekolah Minggu biasa, anak-anak hanya mendapat teori: mengenal Dharma (mana yang baik dan mana yang buruk), bagaimana harus bersikap terhadap orangtua, dan lain-lain. Di perayaan Parent's Day ini anak-anak harus mempraktikkannya. Suasana seperti ini sangat menyentuh, tidak hanya penulis yang tak dapat menahan air mata, ibu-ibu plus putra-putri serta Kakak Pembina TP Vidyasagara juga berlinang air mata.

Benar-benar hujan air mata...

Setelah itu games kekompakan orangtua dan anak. Orangtua dan anak diberi 2 biskuit, 1 batang coklat Choki-Choki, 1 batang Nabati keju, sebungkus kecil meses Gerry, dan 1 lembar plastik untuk berkreasi.

Di akhir acara Kakak Pembina mengumumkan 2 keluarga yang terbaik dari sesi foto dan berkreasi.

Acara ditutup dengan makan bersama, semua mendapat nasi kotak vegetarian...

Salut untuk kerja keras semua Kakak Pembina TP Vidyasagara, juga Ria Ellysa (Ketua TP Vidyasagara), dan Sheren Chandra (Ketua PVVD). 

Pokoknya keren abis! Semoga acara sejenis juga diadakan oleh sekolah Minggu Buddhis lainnya di tanah air. 


Kakak Pembina TP Vidyasagara bergaya seusai perayaan Parent's Day





Mau lihat foto lainnya? Silakan klik:  Perayaan Parent's Day di TP Vidyasagara (Bandung) 

0 comments: