A.41 Bhikkhu Mogharājā

 


Bhikkhu Mogharājā
Unggul dalam Mengenakan Jubah Lusuh


Aku adalah murid petapa tersohor bernama Bāvarī. Suatu ketika, Petapa Bāvarī mendengar tentang munculnya Buddha. Ia mengutus enam belas muridnya untuk menemui Bhagavā dan mengajukan banyak pertanyaan.

Kami datang mengajukan beberapa pertanyaan. Bhagavā menjawab semua pertanyaan itu dengan sangat memuaskan. Setelah mendengar jawaban-Nya, aku menembusi Arahatta dan memohon menjadi bhikkhu.

Suatu ketika, aku terkena penyakit kulit, sekujur tubuhku muncul bisul. Aku menduga ada banyak penyakit di tempat aku menginap. Aku lalu pindah ke ladang jagung dan tinggal di gubuk kecil. Ketika Bhagavā menanyakan keadaanku, aku menjawab, “Gubuk kecil ini menaungi aku dengan sangat baik. Aku sungguh bahagia di sini, Bhante.”

Aku hidup sangat sederhana. Aku punya kebiasaan mengenakan jubah yang terbuat dari kain kasar, bermutu rendah, dan dijahit dengan benang murah.

Salam Dharma.

 

Sumber: Ehipassiko Foundation

Category:

0 komentar: