A.34 Bhikkhu Sobhita

 


 

Bhikkhu Sobhita
Unggul dalam Mengingat Kehidupan Lampau


Aku lahir di keluarga Brahmana di Sāvatthī. Begitu mendengar kemunculan Buddha di dunia ini, aku cepat-cepat pergi ke Bandhumati untuk menemui Bhagavā dan memberi hormat.

Aku sering mendengar ceramah Bhagavā. Seiring itu, keyakinanku tumbuh. Ketika cukup dewasa, aku menjadi bhikkhu. Aku berlatih semadi dengan tekun hingga menembusi kesucian tertinggi.

Para bhikkhu pernah melaporkan bahwa aku mengaku-aku punya pencapaian spiritual yang tinggi. Bhagavā tidak menyalahkan aku karena aku memang memiliki kekuatan istimewa, yaitu mengingat kehidupan lampau, mata sakti, dan pemadaman noda batin. Aku juga mahir dalam menjelaskan Dhamma.

---

Sebagai bhikkhu yang bijaksana, memiliki penyadaran penuh,
mengerahkan kekuatan dan daya,
dalam satu malam aku mengingat kembali lima ratus kalpa.

~ Theragāthā 2.23

Salam Dharma.

 

Sumber: Ehipassiko Foundation

 

Category:

0 komentar: