B.12 Bhikkhuṇī Kisāgotamī

 


Bhikkhuṇī Kisāgotamī
Unggul dalam Mengenakan Jubah Lusuh


Aku adalah Gotamī. Karena bentuk tubuhku, orang-orang memanggilku Kisāgotamī, yang berarti “Gotamī yang kurus”. Aku menikah dengan laki-laki dari keluarga kaya. Namun, karena aku berasal dari keluarga miskin, keluarga suamiku tidak menghargaiku.

Sampai akhirnya, aku melahirkan seorang putra, aku mulai diakui. Malangnya, putraku meninggal pada usia yang sangat belia.

Aku tidak mampu menerima kematian putraku. Aku pergi menemui orang-orang, meminta “menyembuhkan” anakku. Orang-orang mengira aku gila. Namun ada seseorang yang menyuruhku menemui Bhagavā.

Bhagavā lalu memintaku mencari biji lada dari orang yang keluarganya belum pernah meninggal. Aku bergegas ke kota, dari pintu ke pintu aku meminta sedikit biji lada. Orang-orang mau saja memberi biji lada kepadaku. Namun, tak satu pun dari mereka yang belum pernah mengalami kematian keluarganya.

Aku akhirnya menyadari bahwa semua orang pasti memiliki keluarga yang telah meninggal. Aku kemudian pergi membawa putraku ke lahan pembuangan mayat. Setelah itu, aku kembali menemui Bhagavā dan meminta ditahbis menjadi bhikkhuṇī. Aku menjadi bhikkhuni yang baik dan mencapai kesucian tertinggi.

Salam Dharma.

 

Sumber: Ehipassiko Foundation

Category:

0 komentar: