Kisah SMB Vihāra Dhammasākaccā Desa Terentang Hulu, Kalimantan Barat

"Buddha Pedia" akan mengajak teman-teman berkeliling Indonesia mengenal SMB (Sekolah Minggu Buddhis) di berbagai daerah (terutama daerah pedesaan, yang umumnya memiliki fasilitas minim dan agak jauh dijangkau).

Kita ingin melihat aktivitas anak-anak SMB (generasi penerus bangsa).  

Vihāra Dhammasākacchā terletak di Desa Terentang Hulu, Kalimantan Barat. Menurut Bu Wiharti yang mengajar SMB di sana, jumlah anak SMB yang ikut pujabakti bervariasi. Kadang banyak, kadang sedikit. Biasanya saat panen sawit atau sayuran, anak-anak membantu orang tua mereka, sehingga hanya sedikit yang datang ke vihāra. Selain itu, kondisi ekonomi orang tua jarak juga menjadi kendala.

Jarak tempat tinggal anak SMB ke vihara cukup jauh. Ada anak yang datang ke vihara bersama orang tua mereka, dan ada yang dijemput Bu Wiharti dengan perahu.

Guru agama Buddha juga kurang, hanya ada 1 guru agama Buddha yang berasal dari Lombok, ditambah Bu Wiharti (guru sekolah yang beragama Buddha).

Setelah kegiatan SMB, terkadang ada konsumsi berupa nasi dan lauk (seadanya) yang didanakan Bu Wiharti dan keluarga. Menurut Bu Wiharti, ada bantuan dana dari Kemenag, tapi belum mencukukupi karena biaya untuk kebutuhan vihara, umat, dan kegiatan SMB juga banyak.

"Tahun ini baru tahun kedua listrik masuk ke Desa Terentang. Sinyal ponsel pun tidak begitu bagus," kata Bu Wiharti.

"Saya berusaha mengajar Dhamma semampu saya. Kami sangat terbantu dalam mengajarkan agama Buddha  jika ada samanera atau bhante yang datang ke desa kami," ungkap Bu Wiharti. 

"Sekarang sudah mulai maju dan warga mulai  memahami pentingnya pendidikan. Dulunya warga tionghua belum begitu mengerti tentang agama Buddha. Butuh kesabaran untuk merangkul umat Buddha.

Dulu waktu orang tua saya masih ada, hanya kami sekeluarga umat Buddha yang merayakan waisak. Kami selalu mengadakan pendekatan ke umat. Waktu itu belajar Dhamma (berdoa) di rumah saya. Setiap minggu anak-anak berkumpul di rumah sambil belajar Dhamma. Saya berusaha semampu saya untuk membimbing mereka. Tahun 2015 kami dapat bantuan, Pembimas Buddha sangat perhatian ke kami," kisah Bu Wiharti.

"Di momen Waisak, ada seorang donatur yang berdana untuk snack anak-anak SMB. Saya mewakili seluruh anak SMB Terentang mengucapkan terima kasih banyak atas dananya," pungkas Bu Wihari.

Berikut ini foto-foto kegiatan di Vihāra Dhammasākaccā Desa Terentang Hulu, Kalimantan Barat kiriman Bu Wiharti. 


 Jika ada foto yang terpotong, silakan klik saja pada foto itu, maka foto akan tampil utuh (lebih besar dan gambarnya tidak terpotong)


 

 

 


 







 












Berikut ini videonya:

 

Untuk melihat video singkatnya, silakan tulisan warna biru di bawah ini:

Perjalanan Menuju Vihara 01

 Perjalanan Menuju Vihara 02 


Ucapan Waisak dari Umat Vihara Dhammasakacca Desa Terentang Hulu, Kalimantan Barat

 

 

Pembacaan Dhammapada dari Anak SMB Vihara Dhammasakacca Desa Terentang Hulu, KalBar

Category:

0 komentar: