Laporan dari SMB Vihāra Vimala Chanda Ārāma, Singkawang

Pada masa aktif sekolah, anak-anak SMB (Sekolah Minggu Buddhis) lebih sering menghadiri kegiatan SMB. Untuk SMB SD biasanya 50-60 anak berusia 6-12 tahun, SMB SMP dan SMK (A) biasanya 30-40 anak yang hadir. Rata-rata anak SMP berusia 12-16 tahun dan anak SMK(A) berusia 16-21 tahun.

Kebanyakan anak-anak SD yang mengikuti kegiatan SMB datang diantar oleh orang tua/wali mereka. Begitu juga dengan anak-anak SMP & SMK, ada yang datang diantar dan ada juga yang datang menggunakan kendaraan pribadi (motor). Rata-rata jarak tempat tinggal anak-anak dengan Vihāra Vimala Chanda Ārāma (VCA) sekitar 1-2km.

Ada sebagian anak yang cukup antusias untuk mengikuti kegiatan SMB, misalnya pada masa libur sekolah tetap datang mengikuti kegiatan SMB.

Pada saat jam masuk, anak-anak dibiasakan membaca paritta dan bermeditasi yang dipimpin oleh pemimpin pujabakti. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan lainnya, contohnya adalah mendengarkan cerita Buddhis, mendengarkan Dhamma, bernyanyi lagu Buddhis, membuat kerajinan tangan, mewarnai, bermain games, dan lain sebagainya. Pada saat jam pulang, setiap anak diberikan snack atau camilan yang dananya berasal dari uang kas vihāra atau
donatur.

Ketika akhir bulan, SMB selalu merayakan ulang tahun bersama dengan anak-anak yang berulang tahun di bulan tersebut. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling ditunggu anak-anak.

Kemudian, anak-anak SMB SMK(A) sudah mulai menjadi Panitia Hari Raya Agama Buddha di Vihāra Vimala Chanda Ārāma (VCA). Lalu, ada juga yang bergabung menjadi anggota Patria (Pemuda Theravada Indonesia) dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh organisasi tersebut. (AM)

Berikut beberapa foto kegiatan anak-anak SMB Vihāra Vimala Chanda Ārāma, Singkawang:

 

 






Category:

0 komentar: