Lagu Anak versi Buddhis

Waktu menemani kedua putra penulis {Anathapindika (Dhika) & Revata (Ray)} mengikuti Sekolah Minggu Buddhis (SMB) di Vihara Vimala Dharma, Bandung, penulis mendengarkan sebuah lagu yang diajarkan pada anak-anak SMB oleh cici pembina. Nada lagu ini adalah lagu anak-anak populer: "Sayang Semua", hanya syair/ liriknya yang diubah. Mungkin di tempat lain juga ada lagu-lagu sejenis (lagu anak populer yang diubah syair-nya).

Syair asli lagu "Sayang Semua" adalah:

Satu satu, aku sayang ibu
Dua dua, juga sayang ayah
Tiga tiga, sayang adik kakak
Satu dua tiga, sayang semuanya

Versi Sekolah Minggu Buddhis (SMB) atau di Vihara Vimala Dharma, Bandung disebut Taman Putra Vidya Sagara syair-nya sebagai berikut:

Satu satu, aku ke vihara
Dua dua, aku namaskara
Tiga tiga, aku berparitta
Satu dua tiga, mengamalkan Dhamma

Kalau para pembina SMB kekurangan lagu Buddhis untuk anak yang baru untuk diajarkan, mengubah syair/ lirik lagu anak populer mungkin bisa dijadikan solusi. Pertama, anak mudah menghafal lagu tersebut (karena ini lagu lama sehingga nadanya mereka sudah tahu). Kedua, kembali mempopulerkan lagu anak-anak, yang menurut penulis sekarang ini kurang diketahui oleh anak.

Banyak sekali lagu anak-anak sepanjang masa seperti: Kasih Ibu, Bintang Kecil, Pelangi, Lihat Kebunku, Cicak di Dinding, Balonku, Burung Kakak Tua, Naik Kereta Api, Delman, Becak, dan lain-lain. (zwei)

Category:

0 comments: