A.09 Bhikkhu Puṇṇa Mantāṇīputta

 Siswa Agung (Mahā-Sāvaka)

 

Bhikkhu Puṇṇa Mantāṇīputta
Unggul dalam Berbicara Dhamma


Setelah menjadi bhikkhu, Bhikkhu Añña Kondañña menemuiku, keponakannya. Setelah mendengar Dhamma dari paman, aku menjadi bhikkhu. Ketika paman pergi menemui Bhagavā di Rājagaha, aku tinggal di Kapilavatthu, dan giat berlatih sesuai bimbingan.

Setelah menembusi kesucian Arahatta, aku mengumpulkan sanak saudaraku yang telah menjadi bhikkhu, lalu mengajari mereka sepuluh landasan pembabaran Dhamma hingga mereka semua menjadi Arahanta.

Tanpa kesertaanku, mereka lalu pergi menemui Bhagavā di Rājagaha. Mereka memujiku sebagai bhikkhu yang mampu membabarkan Dhamma dengan baik, sekaligus menjalani apa yang dibabarkannya. Mendengar ini, Bhikkhu Sāriputta jadi ingin menemuiku.

Ketika Bhagavā berada di Sāvatthī, aku menemui-Nya. Aku sangat terinspirasi mendengar Buddha mengajar Dhamma. Ketika aku sedang bersemadi pada malam hari, Bhikkhu Sāriputta datang menemuiku. Kami lalu membahas Dhamma dan bergembira.

Ketika Bhikkhu Ānanda baru saja menjadi bhikkhu bersama para pangeran lainnya, aku mengajarkan mereka Dhamma hingga mencapai kesucian pertama.

Salam Dharma.

 

Sumber: Ehipassiko Foundation

Category:

0 komentar: