A.29 Bhikkhu Mahākoṭṭhita

 

 

Bhikkhu Mahākoṭṭhita
Unggul Dalam Pencapaian Pemilahan


Aku lahir dalam keluarga brahmana yang sangat kaya di Sāvatthī. Aku sangat piawai membahas kitab Veda. Suatu hari, aku mendengar Bhagavā membabarkan Dhamma dan berminat menjadi bhikkhu. Setelah ditahbis, aku tekun bermeditasi dan dalam waktu singkat menjadi Arahanta.

Aku sangat piawai dalam pengetahuan mengenai telaah makna fenomena, hukum Dhamma, cara mengungkapkan, serta menjelaskannya. Aku dan Bhikkhu Sāriputta sering berdiskusi. Biasanya, aku mengajukan pertanyaan dan Bhikkhu Sāriputta menjawabnya.

Caraku mengajukan pertanyaan menunjukkan kedalaman pengetahuanku. Bhikkhu Sāriputta pun sangat menghormatiku dan pernah memujiku dengan syair.

Salam Dharma. 

 

Sumber: Ehipassiko Foundation

Category:

0 komentar: