C.03 Upāsaka Citta Macchikāsaṇḍika

 


Upāsaka Citta Macchikāsaṇḍika
Unggul dalam Berbicara Dhamma


Aku adalah seorang hartawan di Macchikāsaṇḍa. Aku pertama kali mengenal Dhamma dari Bhikkhu Mahānāma. Aku banyak menyokong para bhikkhu. Aku juga pernah membangun wihara. Aku piawai mengajar Dhamma dengan cara yang mudah dimengerti. Aku sering membahas Dhamma dengan para bhikkhu. Karenanya, banyak bhikkhu bertanya mengenai Dhamma kepadaku.

Suatu ketika aku berkesempatan menemui Bhagavā. Ketika aku bersujud di kaki Bhagavā, hujan bunga lima warna turun dari langit. Waktu itu Bhagavā melihat kehidupan lampauku, ternyata aku pernah menjadi budak-Nya yang kemudian ikut menjadi petapa bersama Bodhisatta.

Sebelum wafat, para dewa memintaku menjadi raja semesta. Aku menolak karena itu tidaklah tetap. Setelah para dewa dan kerabat berkumpul di sekeliling, aku mengajar Dhamma, “Kalian harus melatih diri dengan yakin kepada Buddha, Dhamma, Saṅgha. Apa pun yang bisa kita bagikan kepada orang lain, bagikanlah semuanya tanpa kikir kepada orang yang layak.” Setelah itu aku pun mangkat.

Salam Dharma.

 

Sumber: Ehipassiko Foundation

Category:

0 komentar: