Tipitaka Harian 009, Khuddakapāṭha 2: Sepuluh Aturan Latihan

 


Khuddakapāṭha 2
Sepuluh Aturan Latihan

Aku menjalani aturan latihan memantang membunuh makhluk.
Aku menjalani aturan latihan memantang mengambil yang tak diberikan.
Aku menjalani aturan latihan memantang berlaku hidup tak luhur.
Aku menjalani aturan latihan memantang berkata dusta.
Aku menjalani aturan latihan memantang arak, tuak, zat memabukkan, yang menyebabkan kelalaian.
Aku menjalani aturan latihan memantang makan tak pada waktunya.
Aku menjalani aturan latihan memantang menari, menyanyi, mendengarkan musik, dan menonton hiburan.
Aku menjalani aturan latihan memantang mengenakan untaian, wewangian, olesan, perhiasan, dan riasan.
Aku menjalani aturan latihan memantang alas tidur tinggi dan mewah.
Aku menjalani aturan latihan memantang menerima emas dan uang.
-----
Diterjemahkan dari Pāḷi ke Indonesia oleh Handaka Vijjānanda.
Instagram: https://www.instagram.com/tipitakaharian/
Facebook: https://www.facebook.com/tipitakaharian

0 komentar: